Blog

Artikel

Teamwork Quotes Agar Tim Tetap Solid

Teamwork Quotes Agar Tim Tetap Solid

“Talent win’s games, but teamwork and intelligence win championships”

Quote yang satu ini berasal dari sang legenda basket, Michael Jordan. Meski ia memang memiliki kemampuan di atas rata-rata saat melawan lawannya di lapangan, Michael Jordan tidak menampik bahwa kerjasama tim lah yang dapat membantunya memenangkan kejuaraan. Begitu pula dalam pekerjaan, meski seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan secaara lancar, namun dengan kerjasama, segala tujuan perusahaan tentunya dapat diraih dengan lebih baik lagi.

 

“Individual commitment to a group effort: That is what makes a team work, a company work, a society work, a civilization work”

Kalau yang satu ini adalah perkataan dari pelatih American football terkenal, yaitu Vince Lombardi. Pelatih legendaris yang satu ini pun mengakui pentingnya kerjasama. Vince Lombardi menyadari bahwa kesuksesan dari sebuah tim bergantung pada setiap anggota, untuk bekerjasama dalam meraih tujuan bersama. Mungkin kepercayaannya akan kerjasama tim lah yang membuat Vince Lombardi berhasil membawa timnya menjadi juara pertama dalam sejarah pertandingan NFL.

“None of us is as smart as all of us”

Mungkin inilah definisi lain dari setiap anggota dalam tim itu penting yang ingin disampaikan oleh Ken Blanchard. Memang merupakan hal yang penting dalam sebuah tim untuk saling mendengarkan opini anggota lain, saling belajar satu sama lain, dan saling menghargai dalam tim juga tentunya tidak kalah penting dari kerjasama.

“Alone, we can do so little; together we can do so much”

Adakah anggota timmu yang lebih memilih untuk menyendiri dan mengerjakan tugasnya seorang diri? Kalau begitu, quote dari Helen Keller yang satu ini cocok untuk kamu sampaikan padanya. Sampaikanlah bahwa ia dapat bergabung dengan anggota tim lainnya untuk dapat melakukan hal-hal besar, dibandingkan hanya mengerjakan satu hal sendiri. Bukankah lebih baik merayakan kesuksesan dengan banyak orang?

“Teamwork is so important that it is virtually impossible for you to reach the heights of your capabilities or make the money that you want without becoming very good at it”

Menurut sang motivational speaker, Brian Tracy, kesuksesan merupakan hal yang mustahil untuk diraih bila tidak ada kerjasama tim di dalamnya. Apakah kamu setuju?

“In teamwork, silence is not golden, it is deadly”

Mark Sanborn percaya, bahwa sebuah tim dapat bekerja secara efektif bila komunikasi di dalamnya berjalan dengan baik. Suatu hal yang tidak mengenakkan atau tidak diinginkan mungkin saja dapat terjadi, ketika seorang anggota tim merasa suaranya tidak didengar, atau setiap perkataan dan sarannya ditolak. Contoh tersebut merupakan contoh komunikasi dalam tim yang kurang baik, jadi pastikan kamu dapat melalui hal tersebut dengan timmu ya!

 

“If you can laugh together, you can work together”

Hal apa yang lebih menyenangkan dari memiliki tim yang membuatmu merasa seperti keluarga sendiri? Menurut Robert Orben, dengan memiliki hubungan baik dengan anggota tim, baik itu di dalam maupun di luar pekerjaan, kamu pasti akan lebih bersemangat dalam mengerjakan apapun bersama-sama. Bila kamu adalah seorang leader dari sebuah tim, pastikan untuk mengajak anggota timmu bersenang-senang, ya!

“Great teams do not hold back with one another. They are unafraid to air their dirty laundry. They admit their mistakes, their weaknesses and their concerns without fear of reprisal”

Hal apalagi yang penting selain kerjasama dalam tim? Transparansi lah yang juga dirasa pernting oleh Patrick Lencioni untuk dilakukan dalam setiap tim. Anggota tim perlu saling terbuka satu sama lain, saling mendukung, dan tidak menghakimi bila salah seorang anggota tim melakukan kesalahan.

“You need to be aware of what others are doing, applaud their efforts, acknowledge their successes and encourage them in their pursuits. When we all help one another, everybody wins”

Quote dari Jim Stovall yang satu ini tidak hanya ditujukan untuk pemimpin tim saja, tapi juga untuk setiap anggota dalam tim. Memberi penghargaan berupa pujian dan sebagainya bukanlah tugas pemimpin semata, tapi justru akan lebih berharga rasanya bila penghargaan itu diberikan oleh seluruh tim bagi anggotanya yang telah meraih pencapaian yang baik. Kultur kerja seperti inilah yang dapat membangun sebuah tim yang solid.

 

Itulah quotes dari para pesohor dunia mengenai kerjasama tim dan seberapa penting pengaplikasiannya dalam sebuah tim. Semoga setelah ini kamu dan tim akan semakin solid ya!